RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas / Semester : 2/1
Mata Pelajaran : Matematika
Alokasi Waktu : 2 x
35 Menit
A.
Standar
Kompetensi
Bilangan
1. Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Mengurutkan
bilangan sampai 500
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Mengurutkan bilangan dari yang terkecil
ke yang terbesar sampai bilangan 500.
2.
Mengurutkan bilangan dari yang terbesar
ke yang terkecil sampai bilangan 500.
3.
Mengurutkan bilangan secara loncat dari
urutan terkecil ke terbesar sampai 500.
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui peragaan media kartu angka siswa dapat
mengurutkan bilangan sampai 500 dari urutan terkecil ke terbesar dengan benar.
2. Melalui peragaan media kartu angka siswa dapat
mengurutkan bilangan sampai 500 dari urutan terbesar ke terkecil dengan benar.
3. Melalui
peragaan media kartu angka siswa dapat mengurutkan bilangan sampai 500 secara
loncat dari urutan terkecil ke terbesar dengan benar.
4. Melalui
kegiatan kerja kelompok siswa dapat mengembangkan sikap teliti, jujur, bekerja
sama dan percaya diri.
E. Materi Pembelajaran
1. Mengurutkan beberapa bilangan sampai 500.
a. Mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke terbesar :
110,111,112,113,114,115.
b. Mengurukan bilangan dari yang terbesar ke terkecil :
258,257,256,254.
2. Mengurutkan
bilangan secara loncat sampai 500.
a. Mengurutkan
bilangan secara loncat dari yang terkecil ke terbesar : 213,323,333,343,353.
F. Metode, Model, Pendekatan,
Strategi, dan Teori Belajar
Metode :
Diskusi Kelompok, Tanya Jawab, Latihan Mandiri
Model : Belajar Tuntas
Pendekatan : Kontruktivis
Strategi : Pembelajaran Mandiri
Teori belajar : Kognitif
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Dekripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru memberi salam dan mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
-
Guru mengecek kesiapan diri
dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan kegiatan pembelajaran.
-
Guru melakukan apersepsi sebelum melaksanakan
pembelajaran inti.
-
Guru bersama siswa melakukan
tepuk hitung dan tepuk hitung loncat.
-
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
|
10
Menit
|
Kegiatan Inti
|
- Guru
membentuk siswa ke dalam empat kelompok.
- Setiap kelompok, diminta untuk mengurutkan bilangan
dengan menggunakan alat peraga dan mengerjakannya sesuai perintah dalam LKS
yang telah dibagikan oleh guru.
- Siswa diminta untuk mempresentasikan hasil
jawabannya di depan kelas dan guru memberikan klarifikasi atas jawaban yang
diberikan siswa.
- Siswa diminta untuk mengerjakan lembar soal yang
dibagikan oleh guru.
- Guru
bersama siswa mengklarifikasi jawaban atas soal yang telah dikerjakan siswa.
- Guru
memberikan kesempatan kepada siswa yang belum paham tentang materi untuk
bertanya
|
50
menit
|
Penutup
|
-
Guru bersama siswa menyimpulkan
hasil pembelajaran atau rangkuman hasil belajar selama sehari.
-
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk mengungkapkan perasaannya selama mengikuti kegiatan pembelajaran
dengan menggunakan kartu emoticon
-
Guru memberikan tugas berupa
Pekerjaan Rumah sebagai latihan mandiri.
-
Guru mengajak semua siswa berdoa
menurut agama dan keyakinan masing-masing.
|
10 Menit |
H. Sumber dan Media
1.
Sumber:
a.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
b.
Buku “Matematika BSE Sekolah Dasar Kelas
II” Semester I
2.
Media:
a.
Kartu Angka
b.
Tali Rapia
I.
Penilaian
Hasil Belajar
1. Prosedur
tes : Diakhir pembelajaran
2. Jenis
tes : Tes tertulis
3. Bentuk
Tes : Isian
4.
Alat tes :
Lembar soal
J.
Evaluasi
1. Lembar
soal
Urutkanlah
angka dari yang terkecil ke yang terbesar. (Untuk
soal nomor 1 dan 2)
1.
112, 110, 113, 114, 111
Jawab:
2.
489, 487, 488, 490, 491
Jawab:
Urutkanlah angka dari
yang terbesar ke yang terkecil. (Untuk
soal nomor 3 dan 4)
3.
255, 256, 257, 254, 258
Jawab:
4.
428, 427, 429, 431, 430
Jawab:
Urutkanlah angka secara loncat dari
yang terkecil ke yang terbesar. (Untuk
soal nomor 5)
5.
323, 333, 343, 353, 313
Kunci jawaban lembar soal
No.
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
1
|
110, 111, 112, 113, 114
|
20
|
2
|
487, 488, 489, 490, 491
|
20
|
3
|
258, 257, 256, 255, 254
|
20
|
4
|
431, 430, 429, 428, 427
|
20
|
5
|
313, 323, 333, 343, 353
|
20
|
Jumlah
Skor
|
100
|
Pekerjaan Rumah
Urutkanlah
angka dari yang terkecil ke yang terbesar. (Untuk
soal nomor 1 dan 2)
1.
440, 443, 439, 442, 441
Jawab:
2.
328, 326, 327, 325, 329
Jawab:
Urutkanlah
angka dari yang terbesar ke yang terkecil. (Untuk
soal nomor 3 dan 4)
3.
295, 297, 294, 293, 296
Jawab:
4.
156, 160, 158, 159, 157
Jawab:
Urutkanlah
angka secara loncat dari yang terkecil ke yang terbesar. (Untuk soal nomor 5)
5.
426, 424, 428, 422, 430
Jawab:
Kunci Jawaban Pekerjaan Rumah
No.
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
439, 440, 441, 442, 443.
|
20
|
2.
|
325, 326, 327, 328, 329.
|
20
|
3.
|
297, 296, 295, 294, 293.
|
20
|
4.
|
160, 159, 158, 157, 156.
|
20
|
5.
|
422, 424, 426, 428, 430.
|
20
|
Jumlah
Skor
|
100
|
Format
Penilaian Sikap
No
|
Nama
siswa
|
Teliti
|
Jujur
|
Kerjasama
|
Percaya
diri
|
Ket.
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1
= Belum
terlihat
2
= Mulai
terlihat
3
= Mulai
berkembang
4
= Membudaya
Mengetahui Guru Kelas II
Kepala Sekolah,
……………………… Lilis Dede
NIP. ………………… NIP.
…...................
Lembar
Kerja Siswa
Nama
ketua kelompok :..........
Anggota
kelompok :.......... ...........
........... ...........
........... ...........
Judul : Mengurutkan bilangan sampai 500
Tujuan :
·
Siswa dapat
mengurutkan bilangan dari bilangan yang terkecil ke yang terbesar sampai 500.
·
Siswa dapat
mengurutkan bilngan dari yang terbesar ke yang terkecil sampai 500.
·
Siswa dapat
mengurutkan bilangan secara loncat dari yang terbesar ke yang terkecil sampai
500.
Alat
Percobaan :
·
Kartu bilangan Tali
rapia
Langkah Kerja :
1. Urutkanlah
kartu bilangan yang berwarna ungu dari bilangan yang terkecil ke terbesar lalu
susun pada tali yang disediakan dan tulis hasilnya pada tabel berwarna ungu
2. Urutkanlah
kartu bilangan yang berwarna merah dari bilangan yang terbesar ke terkecil lalu
susun pada tali yang disediakan dan tulis hasilnya pada tabel berwarna merah
3.
Urutkanlah kartu bilangan yang berwarna
hijau dari bilangan yang terkecil ke terbesar lalu susun pada tali yang
disediakan dan tulis hasilnya pada tabel berwarna hijau
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Casino: How to win at a casino without having to - DRMCD
BalasHapusA casino without a good 보령 출장마사지 strategy is 김해 출장샵 always 여수 출장마사지 to try to win without having to 경산 출장안마 This bookmakers 문경 출장안마 offer a great range of slots and table games,