SILABUS
Nama sekolah : Sekolah Dasar Negeri
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kelas/Semester : III Semester I dan II
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
GAGASAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
EVALUASI
|
INDIKATOR PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di
sekitar rumah dan sekolah
|
1.1 Menceritakan lingkungan alam dan buatan
di sekitar rumah dan sekolah
|
Tema:
Lingkungan
1.Lingkungan
Alam dan Buatan
|
1. Melakukan
pengamatan terhadap video atau gambar siswa dapat membedakan lingkung alam
dan lingkungan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
2. Mengamati
gambar untuk mengetahui manfaat
lingkungan alam dan buatan bagi kehidupan.
|
Model:
Discovery
Learning
Metode:
1.Diskusi klasikal
2.Tanya jawab
Pendekatan:
Realistik
Teori
Belajar:
Teori Belajar Humanistik
Media:
Video atau gambar lingkungan alam dan
lingkungan buatan.
|
Prosedur:
Diakhir pembelajaran
Jenis
Tes: Tertulis
Bentuk
Tes: Isian
Alat tes: Lembar Soal
|
1. Membedakan lingkungan alam dan lingkungan buatan.
2. Menyebutkan manfaat lingkungan alam dan lingkungan
buatan bagi kehidupan.
|
2
x 35 menit untuk 1x pertemuan
|
Buku
IPS kelas III sekolah dasar dan media elektronik.
|
|
|
1.2 Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar
rumah.
|
Tema:
Lingkungan
1.Pemeliharaan
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
2.Akibat
tidak memelihara kebersihan lingkungan di sekitar rumah.
|
1.
Mengamati video atau gambar untuk mengetahui cara
memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
2.
Menyebutkan akibat tidak memelihara kebersihan
lingkungan di sekitar rumah.
3.
Memeragakan cara membersihkan lingkungan di sekitar
rumah.
|
Model:
Inquiry
Metode:
1.
Diskusi
Klasikal
2. Tanya Jawab
Pendekatan:
Kontruktivisme
Teori
Belajar: Kognitif Bruner dan Ausubel
Media:
Video atau gambar, sapu dan pengepel lantai.
|
Prosedur:
Dipertengahan dan diakhir pembelajaran
Jenis
Tes: Tertulis dan praktek
Bentuk
Tes:
Isian Game Puzzle
Alat
tes: Lembar Soal
|
1. Menjelaskan cara pemeliharaan lingkungan alam di
sekitar rumah.
2. Menjelaskan akibat tidak memelihara kebersihan
lingkungan di sekitar rumah.
3. Mempraktekan cara membersihkan lingkungan rumah
dengan baik.
|
2
x 35 menit untuk 1x pertemuan
|
Buku
IPS kelas III sekolah dasar dan media elektronik.
|
|
|
1. 3 Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan
sekolah
.
|
Tema
:
Lingkungan
1. Denah
dan Peta Lingkungan Rumah dan Sekolah.
2. Arah
Mata Angin
|
1.Melakukan
peragaan dengan diri siswa, untuk mengetahui arah mata angin.
2.Mengamati
gambar untuk mengetahui contoh denah
dan cara membuatnya.
|
Model:
Contextual
Teaching and Learning.
Pendekatan:
Realistik
Metode:
Peragaan
Teori
Belajar: Kognitif Ausubel
Media: Gambar dan Diri Siswa
|
Prosedur:
Diawal,
ditengah dan diakhir pembelajaran
Jenis
Tes: Tes tulis
Bentuk
Tes: Isian dan Produk
Alat
Tes: Lembar soal dan kertas gambar atau HVS.
|
1.
Membedakan arah mata angindengan benar.
2.
Membuat denah dengan baik.
|
2
x 35 menit untuk 1x pertemuan.
|
Buku
IPS kelas III sekolah dasar dan media elektronik.
|
|
|
1.4 Melakukan kerjasama di lingkungan rumah,
sekolah, dan kelurahan/desa
|
Tema
:
Lingkungan.
1. Bentuk-bentuk
kerjasama
2. Gotong
Royong sebagai ciri khas bangsa Indonesia.
3. Pengalaman
dan manfaat kerjasama di lingkungan.
|
1.
Mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan guru untuk mengetahui
bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan atau
desa.
2.
Melakukan kegiatan bermain peran untuk
menyadari bahwa gotong royong sebagai ciri khas bangsa Indonesia.
3.
Mendengarkan penjelasan guru untuk
mengetahui pengalaman dan manfaat
kerjasama di lingkungan.
|
Model:
Cooperative
Learning.
Metode:
Ceramah plus (tanya jawab dan tugas),
pembelajaran individual
dan bermain peran.
Pendekatan:
Realistik
Teori
Belajar:
Teori belajar kognitif Ausubel dan
Humanistik.
Media:
Naskah drama pendek dan gambar.
|
Prosedur:
Ditengah
dan diakhir pembelajaran
Jenis
Tes: Tes tulis dan tes praktek.
Bentuk
Tes:
Drama dan isian.
Alat
Tes: Lembar soal
|
1.
Menyebutkan bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan rumah,sekolah, dan
kelurahan atau desa.
2.
Mengetahui gotong royong sebagai ciri khas bangsa Indonesia.
3.
Menjelaskan pengalaman dan manfaat kerja sama di lingkungan.
|
2
x 35 menit untuk 1x pertemuan.
|
Buku
IPS kelas III sekolah dasar dan media elektronik.
|
|
2. Memahami jenis pekerjaan dan
penggunaan uang
|
2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan.
|
Tema:
Kegiatan
Jenis-jenis pekerjaan
|
1. Mengamati
video dan gambar untuk mengetahui dan membedakan jenis-jenis pekerjaan.
|
Model:
Belajar Tuntas
Metode:
Ceramah plus (tanya jawab dan tugas),
pembelajaran individual
Pendekatan:
Kontekstual
Teori
Belajar:
Teori Behavioristik
Media:
Video atau gambar dan Puzzle.
|
Prosedur:
Diakhir
pembelajaran
Jenis
Tes: Tes Tulis
Bentuk
Tes: isian Puzzel
Acak Kata.
Alat
Tes:
Lembar Soal
|
1. Membedakan jenis-jenis pekerjaan.
|
1
x 35 menit untuk 1x pertemuan
|
Buku
IPS kelas III sekolah dasar dan media elektronik.
|
|
|
2.2 Memahami pentingnya semangat kerja
|
Tema:
Kegiatan
1.Pentingnya semangat bekerja.
|
1.
Melalui penjelasan guru siswa
dapat mengetahui alasan orang harus bekerja.
2.
Melalui penjelasan guru siswa
dapat mengetahui pentingnya memiliki semangat dalam bekerja.
|
Model:
Pengembangan Intelektual
Metode:
Diskusi klasikal dan penugasan.
Pendekatan:
Realistik.
Teori
Belajar:
Teori Belajar Kognitif dan Humanistik.
Media:
Lembar Soal dan Buku sumber.
|
Prodesur:
Diakhir
pembelajaran
Jenis
Tes: Tes Tulis
Bentuk
Tes: Isian
Alat
Tes:
Lembar Soal
|
1.Mengetahui alasan orang tua harus bekerja.
2.Menjelaskan pentingnya memiliki semangat dalam
bekerja.
|
2
x 35 menit untuk 1x pertemuan
|
Buku
IPS kelas III sekolah dasar dan media elektronik.
|
|
|
2.3 Memahami kegiatan jual beli di lingkungan
rumah dan sekolah
|
Tema:
Kegiatan
1. Kegiatan
jual beli dilingkungan rumah dan sekolah.
|
2.
Mengamati video atau gambar untuk
mengetahui kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah.
3.
Melakukan kegiatan observasi di
lingkungan sekolah untuk mengetahui apa saja yang di jual belikan di kantin
sekolah.
4.
Melakukan bermain peran untuk mengaplikasikan
kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah.
|
Model:
Inquiry
Metode:
Diskusi klasikal, pembelajaran
individual, pembelajaran kelompok dan sosio drama.
Pendekatan:
Kontekstual
Teori:
Teori belajar kognitif.
Teori Behavioristik
Teori Sosial
Media:
Media konkret berupa barang-barang
yang bisa di jual belikan
|
Prodesur:
Ditengah dan diakhir pembelajaran
Jenis
Tes:
Tes tulis dan Tes Praktik
Bentuk
Tes: Isian
Alat
Tes:
Lembar soal
|
1.
Mengetahui kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah.
2.
Mengetahui apa saja yang di jual belikan di kantin sekolah.
3.
Mengaplikasikan kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah.
|
2
x 35 menit untuk 1x pertemuan
|
Buku
IPS kelas III sekolah dasar dan media elektronik.
|
|
|
2.4 Mengenal sejarah uang.
|
Tema:
Kegiatan
1. Sejarah
uang
2. Jenis
uang yang beredar di masyarakat
3. Ciri-ciri
uang yang beredar di masyarakat.
|
1. Mendengarkan
cerita dengan menggunakan wayang untuk mengenal sejarah adanya uang.
2. Mengamati
uang untuk mengetahui jenis uang yang beredar di masyarakat dengan benar.
3. Mengamati
uang untuk mengetahui ciri-ciri uang yang beredar di masyarakat.
|
Model:
Belajar tuntas
Metode:
Bercerita, ceramah plus tanya jawab
dan penugasan
Pendekatan:
Kontekstual
Teori
Belajar:
Teori Kognitif Bruner
Media:
Media konkret berupa wayang-wayangan,
uang logam dan kertas.
|
Prodesur:
Diakhir pembelajaran
Jenis
Tes: Tes tulis
Bentuk
Tes: Isian
Alat
Tes:
Lembar soal
|
1. Mengetahui sejarah adanya uang.
2. Mengetahui jenis peredaran uang di lingkungan
masyarakat.
3. Mengetahui ciri-ciri uang yang beredar di
masyarakat.
|
2
x 35menit untuk 1x pertemuan
|
Buku
IPS kelas III sekolah dasar dan media elektronik.
|
|
|
2.5 Mengenal penggunaan uang sesuai dengan
kebutuhan
|
Tema:
Kegiatan
1. Penggunaan
uang sesuai kebutuhan
2. Kegunaan
uang
3. Cara
mengelola uang dengan baik.
|
1. Mengetahui macam-macam kegunaan
uang dalam kehidupan sehari-hari.
2. Mengamati uang Indonesia dan Mata
uang negara Malaysia, untuk mengetahui
bahwa ada perbedaan antara nilai tukar mata uang negara Indonesia dengan mata
uang negara Malaysia.
3. Mengetahui cara mengelola uang
dengan baik.
4. Mengetahui manfaat mengelola uang
dengan baik.
|
Model:
CTL (Contecstual Teaching Learning)
Metode:
Diskusi klasikal dan penugasan.
Pendekatan:
Kontekstual
Teori:
Teori belajar kognitif Bruner dan
Teori belajar Humanistik
Media:
Media kongkret berupa uang negara
Indonesia dan uang negara Malaysia serta celengan dan buku tabungan.
|
Prosedur:
Ditengah pembelajaran dan diakhir
pembelajaran
Jenis
tes:
Tes tulis
Bentuk
tes:
Uraian
Alat
tes:
Lembar Evaluasi
|
1.Mengetahui macam-macam kegunaan uang dalam kehidupan
sehari-hari.
2.Mengetahui perbedaan nilai tukar negara Indonesia
dengan mata uang negara Malaysia.
3.Menjelaskan cara mengelola uang dengan baik.
4.Menjelaskan manfaat pengelolaan uang dengan baik.
|
2
x 35menit untuk 1x pertemuan
|
Buku
IPS kelas III sekolah dasar dan media elektronik.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar