BERBURU EKOR MUSUH
Tempat : Lapangan terbuka atau ruangan olahraga yang luas
Waktu
bermain : Maksimal 20 menit
Media :
Kain, pita,
atau kertas
warna
Jumlah
peserta :30 Orang atau lebih
Tujuan :
Untuk meningkatkan daya tahan kardiovaskular
Cara
Bermain :
1. Jumlah
siswa dibagi menjadi menjadi dua kelompok dengan jumlah yang sama.
(jika selisih 1 tidak masalah).
2. Setiap
anggota kelompok diberi pita atau kain yang warnanya berbeda dengan kelompok
lainnya, misalnya anggota kelompok 1 berwarna kuning dan anggota kelompok 2 berwarna biru.
3. Pita
atau kain tersebut diletakkan dibelakang di selipakn di karet celana, sehingga
nampak seperti ekor.
4. Setiap
anak diminta untuk berpencar secara acak tetapi masih berada di area lapangan.
5. Setiap
anggota kelompok diminta untuk berburu ekor musuhnya sebanyak mungkin dengan
cara saling mengejar.
6. Jika
terdapat anak yang berlari keluar melewati batas area permainan , maka anak
tersebut harus langsung menyerahkan ekornya kepada lawannya, dan keluar dari
permainan.
7. Setiap
angota yang ekornya sudah diambil oleh lawannya maka anggota tersebut berhenti
bermain dan keluar dari area permainan dan tidak bisa mengikuti permainan lagi.
Kriteria
menang :
Kelompok yang paling banyak
mendapatkan ekor lawannya dikatakan menang. Jika hasilnya imbang/seri, maka
diadakan waktu tambahan bermain.
MINI
CIRCUIT
Permainan
ini terinspirasi dari olahraga Circuit
Training yang menggabungkan beberapa gerakan fisik yang dibagi kedalam
beberapa pos. Dalam Circuit Training,
tiap satu pos berbeda aktifitas fisiknya dengan pos yang lain. Sedangkan dalam
permainan ini aktifitas fisik yang dilakukan oleh anak lebih dipermudah dan dijadikan
satu lintasan, tidak berbentuk pos-pos seperti pada Circuit Training.
Tempat : Lapangan atau ruangan olahraga terbuka
Waktu
bermain : 15 Menit
Media :Solatif,
Kertas Karton, Gelas Aqua bekas, dan toples.
Jumlah
peserta :30 Orang atau Lebih
Tujuan :
Olahraga yang melibatkan banyak variasi gerakan fisik ini
baik
untuk meningkatkan kekuatan dan stamina.
Cara
bermain :
1. Jumlah
siswa dalam satu kelas dibagi menjadi 2 kelompok atau lebih.
2. Setiap
kelompok usahakan jumlahnya sama. (selisih 1 tidak masalah).
3. Setiap
kelompok berbaris masing-masing berbentuk 1 banjar.
4. Permainan
dimulai dari siswa/peserta yang berada dibarisan paling belakang.
5. Setiap
peserta harus mengambil benda yang telah ditentukan yang berada disebrang
lapangan.
6. Untuk
mendapatkan benda tersebut setiap siswa/peserta harus melewati berbagai
rintangan, seperti:
(1) Merangkak
melewati teman yang sedang berdiri (dimulai dari siswa/peserta yang berbaris
paling belakang).
(2) Melompat
dengan menggunakan satu kaki seperti bermain engklek.
(3) Melompat
dengan menggunakan dua kaki.
(4) Lari
zig-zag.
(5) Lari
bolak-balik.
(6) Mengambil
benda.
(7) Lari
mundur.
7. Setelah
berlari mundur, kemudian siswa tersebut menyimpan benda pada tempat yang sudah
disediakan, dan berbaris lagi di posisi paling depan.
8. Kemudian
permainan dilanjutkan oleh temannya yang lain yang berada di barisan paling
belakang.
Kriteria
menang:
Yang paling banyak mengumpulkan kelereng
dalam jangka waktu 15 menit. Jika hasilnya imbang atau seri maka di adakan
waktu bermain tambahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar