SILABUS
Instansi :
Sekolah Dasar Negeri
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas :
2
Semester :
I
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
MATERI
|
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
EVALUASI
|
1.
|
Bilangan:
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
|
1.1 Membandingkan
bilangan sampai 500
|
1. Melalui
media cerita siswa dapat melakukan perbandingan terhadap
jumlah benda dengan benar.
2. Dengan
media gambar siswa dapat mengemukakan jumlah benda dengan benar
|
Tema: Aku
dan keluargaku
1. Membandingkan
bilangan
|
Model:
Problem Solving
Metode:
1.Diskusi
klasikal
2.Tanya
jawab
Pendekatan:
Realistik
Teori Belajar:
Teori Kognitif Bruner
Media:
Lembar soal
cerita, Karbon berisi gambar
|
Posedur: Diakhir pembelajaran
Jenis
Tes:
Tertulis
Bentuk
Tes: Isian
Alat
tes:
Lembar Soal
|
|
|
1.2 Mengurutkan
bilangan sampai 500
|
1.
Melalui media siswa dapat
mengurutkan bilangan sampai 500 dari urutan terbesar ke terkecil dengan benar
2.
Melalui media siswa dapat
mengurutkan bilangan sampai 500 dari urutan terkecil ke terbesar dengan
benar
3.
Melalui media siswa dapat
mengurutkan bilangan sampai 500 secara loncat dari urutan terkecil ke
terbesar dengan benar
4.
Melalui media siswa dapat
mengurutkan bilangan sampai 500 secara loncat dari urutan terkecil ke
terbesar dengan benar
|
Tema: Aku
dan keluargaku
1. Mengurutkan
beberapa bilangan sampai 500
2. Mengurutkan bilangan secara loncat
|
Model:
Cooperative Learning
Metode:
1. Diskusi Kelompok
2. Tanya Jawab
Pendekatan:
Kontruktivisme
Teori
Belajar:
Kognitif Bruner dan Ausubel
Media:
Spidol, Kertas
folio, Gantungan
bilangan (karton, tali kur,gunting), Jepitan jemuran
|
Posedur: Diakhir pembelajaran
Jenis
Tes:
Tertulis
Bentuk
Tes: Isian
Alat
tes:
Lembar Soal
|
|
|
1.3 Menentukan
nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan.
|
1.
Melalui teks cerita siswa dapat menguraikan
bilangan menurut nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan dengan benar
2.
Melalui penggunaan media kartu angka siswa dapat
menentukkan nilai tempat ratusan,puluhan dan satuan pada bilangan dengan
benar
3.
Melalui permainan, siswa dapat menentukkan nilai
tempat satu angka pada bilangan 3 angka dengan benar
|
Tema : aku dan
keluargaku
1.
Menentukan nilai tempat dengan cara menguraikan
bilangan
2.
Menentukan nilai tempat dengan menyusun angka pada
tabel
|
Model:
Belajar tuntas
Pendekatan: Realistik
Metode:
Permainan
Teori
Belajar:
Kognitif Ausubel
Media: Kartu
angka
|
Prosedur: Diakhir pembelajaran
Jenis
Tes: Tes
tulis
Bentuk
Tes: Isian
Alat
Tes: Lembar
soal
|
|
|
1.4 1.4 Melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan sampai 500
|
1. Melalui penjelasan guru siswa dapat menjumlah bilangan dengan benar
2. Melalui
soal cerita siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan dengan benar
3. Melalui penjelasan guru siswa dapat mengurangkan bilangan dengan benar
4. Melalui soal cerita siswa dapat menyelesaikan soal pengurangan dengan
benar
|
Tema :
Aku dan
keluargaku
1. Penjumlahan tanpa menyimpan
2. Penjumlahan dengan menyimpan
3. Pengurangan tanpa meminjam
|
Model:
Berfikir induktif
Metode:
Ceramah
plus (tanya jawab dan tugas), pembelajaran
individual
Pendekatan:
Realistik
Teori Belajar:
Teori belajar kognitif
Media:
Lembar soal
cerita
|
Prosedur: Diakhir pembelajaran
Jenis
Tes: Tes
tulis
Bentuk
Tes: Isian
Alat
Tes: Lembar
soal
|
2.
|
Geometri dan Pengukuran:
Menggunakan
pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah
|
2.1 Menggunakan
alat ukur waktu dengan satuan jam
|
1.
Melalui pengamatan terhadap media konkret berupa
jam siswa dapat membaca waktu dengan benar
2.
Melalui pengamatan terhadap media konkret berupa
jam siswa dapat menentukan waktu dengan benar.
3.
Melalui pengamatan terhadap media konkret berupa
jam siswa dapat menuliskan waktu dengan benar.
4.
Melalui kegiatan menyimak cerita siswa dapat
menghitung lama waktu dengan benar.
|
Tema: Kegiatan sehari-hari
1. Membaca
dan menentukan jam
2. Menuliskan
waktu
3. Menghitung
lama waktu
|
Model:
Belajar Tuntas
Metode:
Ceramah
plus (tanya jawab dan tugas), pembelajaran
individual
Pendekatan:
Kontekstual
Teori Belajar:
Teori
Behavioristik
Media:
Media konkret
berupa jam analog
|
Prosedur: Diakhir pembelajaran
Jenis
Tes: Tes Tulis
Bentuk
Tes:
Pilihan ganda
Alat
Tes:
Lembar Soal
|
|
|
2.2 Menggunakan alat ukur panjang tidak baku dan
baku (cm, m) yang sering digunakan
|
1.
Melalui pengamatan
terhadap gambar siswa dapat membandingkan panjang suatu benda dengan
benar.
2.
Melalui media konkret berupa alat ukur panjang
baku (penggaris) siswa dapat mengukur panjang benda dengan benar.
3.
Melalui alat ukur tidak baku (jengkal) siswa dapat
mengukur panjang benda dengan benar.
|
Tema:
Lingkungan
1. Membandingkan
panjang benda
2. Mengukur
panjang benda
|
Model:
Pengembangan
Intelektual
Metode:
Diskusi
Kelompok
Pendekatan:
RME (Realistic
Mathemtics Education)
Teori Belajar:
Teori Belajar
Kognitif
Media:
Media konkret
berupa penggaris
|
Prodesur: Diakhir pembelajaran
Jenis
Tes:
Tes Tulis
Bentuk
Tes:
Isian
Alat
Tes:
Lembar Soal
|
|
|
2.3 Menggunakan alat ukur berat
|
1.
Melalui kegiatan mengangkat dua buah benda dengan
menggunakan tangan siswa dapat membandingkan berat suatu benda dengan benar.
2.
Melalui kegiatan kunjungan ke pedagang siswa dapat
menimbang suatu benda dengan benar.
|
Tema:
Lingkungan
1. Membandingkan
berat benda Mengukur berat benda
|
Model:
Pertemuan
Kelas, Penelitian
Kelompok (Investigasi Kelompok)
Metode:
Diskusi klasikal, pembelajaran
individual, diskusi
kelompok
Pendekatan:
Kontekstual
Teori:
Teori
Behavioristik
Teori Sosial
Media:
Media konkret
berupa Timbangan
|
Prodesur:
Diakhir pembelajaran
Jenis
Tes:
Tes tulis
Bentuk
Tes:
Isian
Alat
Tes:
Lembar soal
|
|
|
2.4 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan berat benda
|
1. Melalui
kegiatan mendengarkan soal cerita siswa dapat
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda dalam kehidupan sehari-hari
dengan benar.
|
Tema:
Lingkungan
1. Membandingkan
berat benda Mengukur berat benda
|
Model:
Pertemuan
Kelas
Metode:
Penugasan
Pendekatan:
Problem
Solving
Teori Belajar:
Teori Kognitif
Bruner
Media:
Media konkret
berupa Timbangan
|
Prodesur:
Diakhir
pembelajaran
Jenis
Tes: Tes tulis
Bentuk
Tes: Isian
Alat
Tes:
Lembar soal
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar