Jumat, 08 April 2016

Contoh Silabus Matematika Kelas 2 SD



SILABUS
Instansi                        : Sekolah Dasar Negeri
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas                           : 2
Semester                      : I
NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
TUJUAN PEMBELAJARAN
MATERI
STRATEGI PEMBELAJARAN
EVALUASI

1.
Bilangan:
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
1.1 Membandingkan bilangan sampai 500
1.      Melalui media cerita siswa dapat melakukan perbandingan terhadap jumlah benda dengan benar.
2.      Dengan media gambar siswa dapat mengemukakan jumlah benda dengan benar

Tema: Aku dan keluargaku

1.      Membandingkan bilangan
Model:
Problem Solving

Metode:
1.Diskusi klasikal
2.Tanya jawab

Pendekatan:
Realistik

Teori Belajar:
Teori Kognitif Bruner

Media:
Lembar soal cerita, Karbon berisi gambar

Posedur: Diakhir pembelajaran

Jenis Tes: Tertulis

Bentuk Tes: Isian

Alat tes: Lembar Soal


1.2 Mengurutkan bilangan sampai 500
1.      Melalui media siswa dapat mengurutkan bilangan sampai 500 dari urutan terbesar ke terkecil dengan benar
2.      Melalui media siswa dapat mengurutkan bilangan sampai 500 dari urutan terkecil ke terbesar dengan benar
3.      Melalui media siswa dapat mengurutkan bilangan sampai 500 secara loncat dari urutan terkecil ke terbesar dengan benar
4.      Melalui media siswa dapat mengurutkan bilangan sampai 500 secara loncat dari urutan terkecil ke terbesar dengan benar
Tema: Aku dan keluargaku

1.      Mengurutkan beberapa bilangan sampai 500
2.      Mengurutkan bilangan secara loncat
Model:
Cooperative Learning

Metode:
1. Diskusi Kelompok
2. Tanya Jawab

Pendekatan: Kontruktivisme

Teori Belajar: Kognitif Bruner dan Ausubel

Media:
Spidol, Kertas folio, Gantungan bilangan (karton, tali kur,gunting), Jepitan jemuran
Posedur: Diakhir pembelajaran

Jenis Tes: Tertulis

Bentuk Tes: Isian

Alat tes: Lembar Soal


1.3 Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan.
1.      Melalui teks cerita siswa dapat menguraikan bilangan menurut nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan dengan benar
2.      Melalui penggunaan media kartu angka siswa dapat menentukkan nilai tempat ratusan,puluhan dan satuan pada bilangan dengan benar
3. Melalui permainan, siswa dapat menentukkan nilai tempat satu angka pada bilangan 3 angka dengan benar

Tema : aku dan keluargaku

1.      Menentukan nilai tempat dengan cara menguraikan bilangan
2.      Menentukan nilai tempat dengan menyusun angka pada tabel
Model:
Belajar tuntas

Pendekatan: Realistik

Metode:
Permainan

Teori Belajar: Kognitif Ausubel

Media:  Kartu angka
Prosedur: Diakhir pembelajaran

Jenis Tes: Tes tulis

Bentuk Tes: Isian

Alat Tes: Lembar soal


1.4  1.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
1.    Melalui penjelasan guru siswa dapat menjumlah bilangan dengan benar
2.    Melalui soal cerita siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan dengan benar
3.    Melalui penjelasan guru siswa dapat mengurangkan bilangan dengan benar
4.    Melalui soal cerita siswa dapat menyelesaikan soal pengurangan dengan benar
Tema :
Aku dan keluargaku
1.    Penjumlahan tanpa menyimpan
2.    Penjumlahan dengan menyimpan
3.    Pengurangan tanpa meminjam
Model:
Berfikir induktif

Metode:
Ceramah plus (tanya jawab dan tugas), pembelajaran individual

Pendekatan:
Realistik

Teori Belajar:
Teori belajar kognitif

Media:
Lembar soal cerita

Prosedur: Diakhir pembelajaran

Jenis Tes: Tes tulis

Bentuk Tes: Isian

Alat Tes: Lembar soal


2.
Geometri dan Pengukuran:
Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah
2.1 Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam

1.    Melalui pengamatan terhadap media konkret berupa jam siswa dapat membaca waktu dengan benar
2.    Melalui pengamatan terhadap media konkret berupa jam siswa dapat menentukan waktu dengan benar.
3.    Melalui pengamatan terhadap media konkret berupa jam siswa dapat menuliskan waktu dengan benar.
4.    Melalui kegiatan menyimak cerita siswa dapat menghitung lama waktu dengan benar.
Tema: Kegiatan sehari-hari

1.      Membaca dan menentukan jam
2.      Menuliskan waktu
3.      Menghitung lama waktu
Model:
Belajar Tuntas

Metode:
Ceramah plus (tanya jawab dan tugas), pembelajaran individual

Pendekatan:
Kontekstual

Teori Belajar:
Teori Behavioristik

Media:
Media konkret berupa jam analog

Prosedur: Diakhir pembelajaran

Jenis Tes: Tes Tulis

Bentuk Tes: Pilihan ganda

Alat Tes:
Lembar Soal



2.2  Menggunakan alat ukur panjang tidak baku dan baku (cm, m) yang sering digunakan
1.      Melalui pengamatan  terhadap gambar siswa dapat membandingkan panjang suatu benda dengan benar.
2.      Melalui media konkret berupa alat ukur panjang baku (penggaris) siswa dapat mengukur panjang benda dengan benar.
3.      Melalui alat ukur tidak baku (jengkal) siswa dapat mengukur panjang benda dengan benar.
Tema: Lingkungan

1.      Membandingkan panjang benda
2.      Mengukur panjang benda
Model:
Pengembangan Intelektual

Metode:
Diskusi Kelompok


Pendekatan:
RME (Realistic Mathemtics Education)

Teori Belajar:
Teori Belajar Kognitif

Media:
Media konkret berupa penggaris

Prodesur: Diakhir pembelajaran

Jenis Tes: Tes Tulis

Bentuk Tes: Isian

Alat Tes:
Lembar Soal



2.3  Menggunakan alat ukur berat
1.      Melalui kegiatan mengangkat dua buah benda dengan menggunakan tangan siswa dapat membandingkan berat suatu benda dengan benar.
2.      Melalui kegiatan kunjungan ke pedagang siswa dapat menimbang suatu benda dengan benar.
Tema: Lingkungan

1.      Membandingkan berat benda  Mengukur berat benda
Model:
Pertemuan Kelas, Penelitian Kelompok (Investigasi Kelompok)

Metode:
Diskusi klasikal, pembelajaran individual, diskusi kelompok

Pendekatan:
Kontekstual

Teori:
Teori Behavioristik
Teori Sosial

Media:
Media konkret berupa Timbangan
Prodesur: Diakhir pembelajaran

Jenis Tes:
Tes tulis

Bentuk Tes: Isian

Alat Tes:
Lembar soal



2.4  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
1.      Melalui kegiatan mendengarkan soal cerita siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
Tema: Lingkungan

1.      Membandingkan berat benda  Mengukur berat benda

Model:
Pertemuan Kelas

Metode:
Penugasan

Pendekatan:
Problem Solving

Teori Belajar:
Teori Kognitif Bruner

Media:
Media konkret berupa Timbangan
Prodesur:
Diakhir pembelajaran

Jenis Tes: Tes tulis

Bentuk Tes: Isian

Alat Tes:
Lembar soal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar